Bukti, Samarinda Serius 38 Cabor Dipertandingkan pada Porprov V/2014 Kaltim


Bukti, Samarinda Serius
38 Cabor Dipertandingkan pada Porprov V/2014 Kaltim

Jumat, 7 Februari 2014 – 07:31:54 | Olahraga | Dibaca : 45 Kali

SAMARINDA – Rasa penasaran atlet dan pelatih perihal pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V/2014 Kaltim, akhirnya terbayar. Samarinda sebagai tuan rumah multievent empat tahunan di Bumi Etam memastikan Porprov akan dihelat pada 9-22 September 2014 mendatang.

Dalam Rapat Anggota KONI Kaltim yang digelar di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (6/2) kemarin, Ketua Panitia Besar (PB) Porprov V/2014 Syaharie Jaang memaparkan kesiapan Samarinda.

Mulai jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, jumlah venue yang tersedia, fasilitas penunjang seperti transportasi dan akomodasi serta tak kalah penting, anggaran. Dukungan dana sejauh ini tersedia Rp 40 miliar, berasal dari APBD Kaltim (Rp 10 miliar) dan APBD Samarinda (Rp 30 miliar).

“Pengalaman di daerah lain (pelaksanaan porprov sebelumnya, Red), kurang lebih seperti itu (Rp 40 miliar, Red). Kalau ada perubahan nantinya kita ajukan kembali,” ucap Jaang.

Kota Tepian menyatakan siap mempertandingkan 38 cabor. Namun tidak menutup kemungkinan, jumlah tersebut akan bertambah tergantung dari pandangan KONI Kaltim sebagai pengarah dan pengawas, begitu pula dengan venue. Daerah lain seperti Kutai Kartanegara, Balikpapan, dan Bontang bisa diberdayakan.

“Untuk sementara ada 38 cabor, yang lainnya sifatnya ekshibisi. Kalaupun ada penambahan nantinya disesuaikan termasuk venue-nya,” imbuh Jaang.

Disinggung soal kepastian pelaksana Porprov V/2014 yang terbilang lamban, Jaang membantah. Pria yang menjabat sebagai Wali Kota Samarinda itu menyebut, pihaknya sudah jauh-jauh hari melakukan persiapan.

“Sejak Pak Zuhdi (Ketua Umum KONI Kaltim Zuhdi Yahya) terpilih, beliau melakukan roadshow ke beberapa daerah, termasuk Samarinda. Saat itu, saya katakan kepada beliau bahwa Samarinda siap menggelar porprov.

Dana yang saya sampaikan merupakan anggaran penyelenggaraan, belum termasuk anggaran untuk pembinaan atlet. Nah, hari ini (kemarin, Red) adalah penegasan kembali bahwa Samarinda serius sebagai tuan rumah,” kunci Jaang. (er2/k11)


Leave a comment

Your email address will not be published.

*