Prioritaskan Hak Atlet Layak Dapat Jaminan Hari Tua


Prioritaskan Hak Atlet
Layak Dapat Jaminan Hari Tua

Selasa, 13 Agustus 2013 – 07:28:37
|
Olahraga
|
Dibaca : 205 Kali

SAMARINDA – Kepedulian akan nasib atlet pada masa depan, menjadi prioritas KONI Kaltim, kini. Setelah lewat masa produktif, sebagian besar atlet kebingungan untuk melanjutkan hidup lantaran tak punya bekal cukup selain keahlian dalam olahraga.

Sebulan berjalan sejak dilantik pada 9 Juli 2013, kepengurusan yang saat ini dikomandoi Zuhdi Yahya terus menggulirkan beberapa program yang bermuarakan pada kesejahteraan atlet. Mulai dari penyediaan fasilitas latihan dan pertandingan, bonus bagi atlet berprestasi, termasuk rumah. Teranyar, pendidikan yang menjalin kerja sama dengan Universitas Mulawarman untuk membebaskan atlet yang berprestasi kuliah tanpa melewati tes masuk.

Respons positif pun terlontar dari Muhammad Said Amin. Pria yang menjabat sebagai dewan kehormatan KONI Kaltim itu menyebut langkah pengurus KONI sudah tepat. “Bukannya tidak ada, hanya selama ini kepedulian pada nasib atlet belum cukup. Kita harus sadar, para atlet itu sudah susah-payah berjuang demi nama Kaltim, namun belum ada nilai tambah bagi mereka,” jelas Said Amin saat ditemui di kediamannya di Jalan Dr Soetomo, kemarin (12/8).

Sudah sepantasnya, atlet mendapatkan kejelasan akan masa depan. Waktu yang terbuang selagi muda dan dihabiskan untuk latihan, membuat mereka mengesampingkan kegiatan lain, termasuk pendidikan. Nahas, jika mereka mengalami cedera dan parahnya, cacat, sudah barang tentu menjadi risiko yang mereka tanggung sendiri.

“Kalau sudah begitu (cacat), siapa yang bertanggung jawab? Jelas, kita-kita ini (pelakon olahraga, Red) yang harusnya memikirkan,” jelas Said Amin yang juga Ketua Pengprov PGSI Kaltim itu.

Ke depan, Said Amin berharap ada sebuah ketetapan hukum atau peraturan yang melindungi serta menjamin kehidupan atlet pada hari tua. “Di Indonesia belum ada (peraturan) seperti itu. Kalau di luar negeri, sudah jelas perlakuan bagi atlet termasuk jaminan hari tua mereka,” ucapnya sembari menutup perbincangan dengan pengurus KONI Kaltim.

Selain Zuhdi Yahya, tampak hadir dalam rombongan silaturahmi kemarin, yakni Wakil Ketua II Sumarlani, Wakil Ketua III Muslimin, Wakil Ketua IV Rusdiansyah Aras, serta Wakil II Sekretaris Umum Azis Rewa. (er/is/k1)


Leave a comment

Your email address will not be published.

*